Senin, 19 Desember 2016

Takoyaki, Cemilan Enak ala Jepang

Mendengar kata makanan Jepang, pasti kita langsung berpikir tentang sushi. Tapi selain sushi ada loh cemilan enak dari Jepang, yaitu takoyaki. Takoyaki mulanya berasal dari Negara Jepang, di buat pada tahun sekitar 1935 oleh seorang pedagang jalanan bernama Tomekechi Endo. Sebelumnya makanan ini bernama Choboyaki lalu di modifikasi dengan menambahkan potongan daging gurita kedalam adonan bulat bulatnya. Dalam bahasa jepang Tako berati Gurita dan Yaki adalah bakar, jadi takoyaki adalah bulatan yang diisi daging gurita lalu dimasak dengan cara di panggang. Pemanggang yang di gunakan sebagian besar terbuat dari besi cor dengan cetakan yang banyak, selain untuk memudahkan untuk memasak juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Kalau di negeri asalnya, di Jepang, takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Takoyaki awalnya disantap bersamaan dengan saos asin, mayonaise, saos khusus takoyaki dan katsuobushi. Katsuobushi adalah serutan halus yang terbuat dari ikan dan bentuknya mirip seperti serutan kayu.

Bahkan setiap rumah di Osaka biasanya memiliki wajan (loyang) untuk membuat sendiri takoyaki di rumah. Sebagai makanan kebanggaan yang sering dijadikan lauk untuk makan nasi putih, penduduk Osaka biasanya baik perempuan maupun laki-laki tahu cara membuat dan bisa memanggang takoyaki. Bahan-bahan untuk membuat takoyaki tersedia secara lengkap di toko. Wajan takoyaki merupakan salah satu perabot rumah tangga yang harus dihadiahkan orangtua kepada anak perempuan yang menjadi pengantin.

Saat ini sudah banyak varian dari isi takoyaki, selain gurita, takoyaki dapat diisi dengan ayam, cumi, keju, sosis, dan lain-lain, sesuai selera. Apabila OGI'ers ingin mencoba makanan takoyaki, kita tidak perlu jauh jauh ke Jepang, di Indonesia sendiri sudah bisa kita temui penjual takoyaki, salah satunya Tako Yummy.

Tako Yummy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar