Senin, 19 Desember 2016

Katsuobushi Si Serpihan Ikan yang Pandai Menari

Katsuobushi adalah bahan makanan khas Jepang yang terbuat dari ikan cakalang atau bahasa Jepangnnya adalah Katsuo. Ikan cakalang ini dikering dulu sebelum diolah menjadi serpihan katsuobushi yang tipis seperti serpihan kayu. Di Jepang, katsuobushi ini berperan sebagai bumbu atau sebagai dasar bumbu untuk membuat berbagai macam hidangan lainnya. Katsuobushi seringkali dipakai bersama-sama dengan rumput laut kering atau biasa disebut Nori untuk membumbui berbagai macam masakan Jepang sehingga memunculkan rasa yang khas.

Karena popularitas makanan Jepang di seluruh dunia, katsuobushi telah memperoleh tempat yang menonjol di banyak masakan di seluruh dunia tidak hanya untuk rasa indah, tetapi juga untuk nilai gizi tinggi. Katsuobushi yang sudah diserut tipis, berwarna coklat muda hingga merah jambu sedikit bening.

Katsuobushi kaya akan vitamin B kompleks dan banyak mengandung inosine dan unsurumami sehingga orang Jepang biasa memakai Katsuobushi sebagai penyedap. Dalam istilah orang Jepang, umami adalah rasa "lezat" yang merupakan rasa tambahan dari empat rasa utama yang umum : manis, asam, asin, dan pahit.

Cara pembuatan katsuobushi adalah dengan merendam fillet cakalang dalam air mendidih agar ikannya lunak dan matang. Lalu diasapi hingga 3 minggu sehingga ikan menjadi keras tekstur. Kemudian ikan dijemur. Dan hebatnya, proses ini mereka ulangi lagi agar tekstur menjadi sangat keras. Nah, kalo potongan-potongan fillet ini sudah mengeras maka kemudian diparut tipis seperti serpihan kayu.

Salah satu penggunaan katsuobushi adalah untuk membuat dashi. Dashi adalah kaldu Jepang atau bumbu dasar untuk berbagai masakan Jepang, misal sup, saos, mie dan lain-lain.
Dalam masakan Jepang, katsuobushi selain digunakan sebagai bumbu juga digunakan sebagai topping dan garnish (hiasan) misal ditaburkan ke atas takoyaki, okonomiyaki, mie atau nasi. Serpihan ikan juga sering dikombinasikan dengan biji wijen atau nori, lembaran kering dan diratakan rumput laut, dan menjabat sebagai garnishments.

Ketika serpihan katsuobushi ditaburkan keatas makanan yang panas, mereka akan langsung bergerak-gerak dengan sendirinya. Karena gerakan-gerakan inilah katsuobushi biasa dijuluki sebagai Serpihan Ikan Yang Pandai Menari.

1 komentar: