Senin, 26 Desember 2016

Mengenal "Si Raja Buah" Durian

Mendengar kata durian, mungkin ada sebagian orang yang menyukainya dan ada yang tidak karna memiliki aroma yang sangat menyengat. Buah ini sangat mudah dikenali dengan ukurannya yang besar serta bentuknya yang seperti bola berduri dan baunya yang menyengat terutama saat matang. 

Nama durian berasal dari istilah melayu duri karena buah ini memiliki ciri khas kulitnya dipenuhi dengan duri yang tajam, walaupun akhir-akhir ini ditemukan juga yang tidak berduri. Siapa sangka, ternyata durian masih satu famili dengan pohon kapuk (Bombacaceae). Salah satu karakter khas durian yang diturunkan dari karakter famili kapuk-kapukan, yaitu jatuh dan pecahnya kulit buah yang sudah matang dari pohonnya.

Walau dikenal dengan buah yang tinggi lemak dan dapat menyebabkan kolesterol, namun ternyata durian memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. 
  1. Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
  2. Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi.
  3. Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.
  4. Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dan lain-lain.
  5. Manfaat durian untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa menstabilkan darah, ini dikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidak bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  6. Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid.
  7. Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan
  8. Kandungan senyawa iboflavin atau vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
  9. Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin.
  10. Porfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Jadi jangan ragu untuk menikmati si durian ini. Sekarang juga banyak yang menjual durian kupas, jadi kamu tidak perlu mengupas lagi dari buahnya. Salah satunya Durian Kupas Medan SI TOGOL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar