Rabu, 30 November 2016

Ayam Betutu Khas Bali dan Keistimewaannya

Membicarakan kota yang satu ini, pasti tidak akan ada habisnya. Bisa dibilang, Bali merupakan surga-nya Indonesia. Disini kamu bisa menemukan berbagai hal, mulai dari pantainya, berbagai tempat wisatanya, budayanya, sampai makanannya. 

Kali ini kita tidak akan membahas soal, tempat wisata, budaya, ataupun pantainya. Yang akan kita bahas adalah soal keberagaman makanan khas Bali. 
Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Ayam Betutu? Menu yang satu ini tidak boleh dilewatkan dalam daftar wisata kuliner kalian di Bali. Ini sudah menjadi icon makanan khas Bali. Jika kamu suka masakan pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan!

Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik.

Oh ya, Betutu ini tidak selalu identik dengan daging ayam, ada juga lho yang menggunakan bebek.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, sate lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium bau wangi yang sedap.

Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di Bali.

Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali yang di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang tidak lupa di sediakan sambal khas bali bagi para pencinta makanan pedas. Beberapa lauk yang sering kita jumpai seperti misalkan saja mie goreng, ayam suwir dan tempe goreng. Nasinya disajikan hanya sekepalan tangan orang dewasa, kamu tidak akan merasa kenyang dengan hanya menyantap satu bungkus Nasi Jinggo.

Tidak ada yang tahu pasti makna dari istilah Jinggo (Jenggo), namun konon berasal dari bahasa Hokkien jeng go yang artinya seribu lima ratus. Memang pada tahun 1997, ketika nasi ini mulai populer, sempat di bandrol dengan harga Rp 1.500, tapi sekarang rata-rata dijual di kisaran Rp 3,000 – Rp 5,000.

Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mencicipi semua menu di atas, kamu bisa menikmati beragam kuliner khas Pulau Dewata sekaligus dalam satu piring, loh!

Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Nikmati kelezatan Nasi Campur Ayam Bali, ketika kalian mencampurnya dengan sambel matah dan sambel embe khas Bali.

Menariknya lagi, menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah makan di Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang di ramu khusus menggunakan bumbu khas Bali. Memang pada umumnya Lawar diolah dengan menggunakan campuran daging babi, namun ternyata bebek entog (kuwir) juga menjadi daging alternatif yang di favoritkan oleh masyarakat Bali.

Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali.

Lawar Kuwir ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang).

Shabu-shabu yang Menyehatkan


Shabu-shabu, mendengar kata yang satu ini pasti kamu akan membayangkan daging, sayuran, dan berbagai bahan lain-nya yang dimasak ke dalam kuah kaldu. Hmm... pastinya lezat banget yang OGI'ers. Pasti banyak yang berpikir bahwa shabu-shabu merupakan makanan dari Jepang. Padahal sebenarnya makanan yang satu ini berasal dari Tiongkok. Awalnya dikenal masakan bernama shuan yang rou, berupa irisan tipis daging domba yang dimasak di panci berisi air mendidih dan biasa dinikmati pada musim dingin. Masakan ini kemudian dibawa masuk ke Jepang oleh orang Jepang yang pernah tinggal di Manchuria. Pemilik rumah makan Junidanya yang menjual Ochazuke dan Mizutaki di Kyoto mendengar tentang kebiasaan makan di Tiongkok dari orang yang pernah tinggal di sana. Pemilik rumah makan lalu mendapat ide untuk meletakkan irisan tipis daging sapi di atas nasi dan dimakan secara Ochazuke dengan cara menyiramkan teh hijau panas di atasnya.

Pada tahun 1952, restoran Suehiro di Osaka mulai menghidangkan masakan dari irisan tipis yang diberi nama Shabu-shabu dan berhasil mendapatkan merek dagang untuk masakan ini pada tahun 1955. Pada zaman dulu, shabu-shabu dimasak di atas kompor arang, sehingga di tengah-tengah panci shabu-shabu sengaja dibuat lubang seperti cerobong untuk memasukkan arang. Di Tiongkok, panci semacam ini disebut huo guo zi. 

Bahan isian shabu-shabu sebagian besar mengandalkan sayuran serta daging sebagai santapannya. Dua bahan makanan ini punya kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi. Serta proses pemasakannya direbus, dan tidak digoreng sama sekali, sehingga lebih sehat. 

Pertama kali yang dimasak adalah semua bahan makanan yang memiliki bagian tekstur yang keras, sebab akan membutuhkan waktu yang lama. Jika terdapat sayuran yang punya tekstur keras, maka itu harus didahulukan. Untuk sawi putih, maka masukkan bagian batang terlebih dahulu. Sedangkan untuk dagingnya, baik daging sapi, udang maupun cumi bisa dimasukkan pada bagian terakhir. Sebab, makanan berbahan daging memiliki kadar protein yang tinggi. Sehingga, tak memiliki waktu memasak terlalu lama.

Di Jakarta sendiri kamu bisa menikmati hidangan shabu-shabu nan lezat di Fu Man Chinese Resto. 


Serba Serbi Kentang

Kentang, pasti banyak yang menyukai sayuran yang satu ini. Selain bisa untuk tambahan pada masakan, kentang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Banyak orang yang berdiet menggunakan kentang sebagai makanan-nya. 

Pada negara asal-nya Amerika, kentang dijadikan makanan pokok bagi penduduk-nya. Tidak mengherankan karena kentang merupakan salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Pada kandungan sebuah kentang, tersimpan manfaat yang baik bagi tubuh, bahkan kecantikan.

Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lain-nya. Hal ini yang menjadikan kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari.

Manfaat kentang bagi kesehatan dan kecantikan :

  • Pencegahan kanker
  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Mengurangi resiko batu ginjal
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membangun dan pembentukan sel
  • Kesehatan otak & saraf
  • Kentang kaya antioksidan
  • Mengobati wajah berjerawat
  • Mengatasi bengkak sekitar mata


Kentang bisa diolah menjadi cemilan, yaitu french fries. Makana yang satu sangat disukai anak-anak ataupun dewasa. Rasa-nya yang gurih dan crunchy membuat tidak mau berhenti untuk makan. Dari nama-nya mungkin kamu akan mengiran, pelopor makanan ini berasal dari Perancis. French memang bahasa yang digunakan negara Perancis, namun makanan ini bukan dari sana, melainkan dari negara Belgia. 

Menurut penuturan sejarawan Belgia bernama Jo Gerard, resep kentang goreng ini sudah ada di Belgia sejak tahun 1680. Dahulu penduduk miskin yang berada di lembah sungai Meuse, mempunyai kebiasaan makan ikan kecil yang digoreng. Tapi saat ikan kecil tak ada akibat sungai membeku di musim dingin, sebagai gantinya mereka menggoreng kentang yang dipotong-potong panjang. Dan pada tahun 1857, seorang pengusaha Belgia bernama Fritz yang menjual kentang goreng di pekan raya. Pada tahun 1862, gerai kentang goreng bernama Max en Fritz didirikan di kota Antwerp. Menurut cerita orang Belgia, tentara Inggris yang datang ke Belgia saat Perang Dunia I sempat mencicipi kentang goreng buatan orang Belgia dan menamakannya “French,” karena pada waktu itu bahasa Perancis merupakan bahasa resmi di ketentaraan Belgia. Asumsi lainnya menyebutkan bahwa kata “French” pada “French Fries” ini berasal dari “to french” yang mempunyai arti memotong sesuatu dengan bentuk memanjang. Saat ini, kentang selain dimakan dengan saus sambal juga sudah banyak sekali saus yang bisa kamu tambahkan. Untuk merasakan seru-nya makan kentang, kamu bisa ke Pappetat, disana kamu akan merasakan sensasi baru makan kentang dengan saus yang lezat.



Selasa, 29 November 2016

Beijing dan Keindahannya

Beijing, ibukota Republik Rakyat Tiongkok ini memiliki banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri, bahkan menjadi ikon kota tersebut. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang sering didatangi oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat yang wajib kamu datangi jika berkunjung ke Beijing.

Tembok Besar Cina (The Great Wall) merupakan bangunan yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia, tembok besar Cina ini besarnya sekitar 21 km, benteng ini di buat sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh dan juga merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Beijing, Cina.

Istana ini merupakan warisan dari Dinasti Ming dan Qing, kedua Dinasti tersebut merupakan Dinasti terbesar yang ada di Cina. Istana ini memiliki luas mencapai 70 hektar, dengan ruangan mencapai 9900 ruangan. Ruangan-ruangan sebanyak itu memiliki fungsinya masing-masing. Di sekitar istana juga terdapat taman dan sungai yang mengalir. Pemandangan di istana ini sangat menakjubkan, dengan suasana yang sejuk. Keunikan istana ini terletak pada tiang-tiang penyangganya. Kayu-kayu yang digunakan untuk menyangga bangunan ini berbau harum.

Gedung Teater Nasional (National Grand Theatre) merupakan Gedung Teater yang sangat unik, karna bentuknya seperti setengah telur, dan juga dikelilingi oleh danau buatan sehingga menyebabkan gedung ini persis seperti telur yang sedang mengambang. Bangunan ini merupakan ikon kota Beijing yang begitu populer dikalangan masyarakat.

Danau Shichahai merupakan danau buatan yang dibuat oleh masyarakat Beijing, dengan tujuan ingin menjadikan-nya tempat rekreasi yang indah. Luas danau ini sekitar 147 hektar. Di Danau Shichahai pengunjung yang datang dapat berjalan-jalan, refreshing, memancing, dan melihat pemandangan yang indah disekitar danau tersebut.

Stadion Nasional di kota Beijing ini merupakan bangunan unik yang masuk ke dalam 10 bangunan paling unik di dunia. Bentuk tiang-tiang penyangga stadion mirip dengan sarang burung, itulah alasan stadion ini dnamai “Bird Nest” atau sarang burung. Stadion ini juga merupakan salah satu ikon kota Beijing yang telah mendunia, di tahun 2008 diadakan olimpiade di stadion ini. Stadion ini juga merupakan stadion termegah di Cina.

Taman ini dibangun di atas tanah seluas 400 hektar, dengan pepohonan hijau dan perbukitan yang menghiasi-nya. Beberapa bangunan paviliun juga menghiasi taman yang masuk dalam 10 taman terbesar di Cina ini. Keunikan taman ini terletak pada bangunan-nya yang dibangun di atas bukit setinggi 500 meter, sehingga kamudapat menyaksikan pemandangan kota Beijing dari atas puncak taman ini.

Senyum Cantik dengan Gigi Sehat

Jangan sekali-kali menyepelekan kesehatan gigi OGI'ers. Pasti kamu pernah mendengar istilah, "lebih baik sakit hati daripada sakit gigi". Dari istilah ini saja pasti kamu sudah bisa menebak, bagaimana rasa-nya sakit gigi itu. Sebenar-nya cara merawat gigi itu sangat mudah, kamu cukup menggosok gigi rutin setiap hari. Berikut juga ada beberapa tips lain-nya untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lain-nya.
  1. Sikat gigi setelah makan
  2. Bersihkan gigi dengan berkumur
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida
  4. Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter
  5. Hindari makanan penyebab gigi berlubang
Gigi yang sehat dapat membuat senyum-mu semakin sempurna. Akan tetapi jika sudah terlanjur sakit gigi, kamu dapat mengunjungi klinik perawatan gigi. Berikut ada beberapa klinik perawatan gigi yang dapat kamu jadikan referensi.

Klinik Gigi Global Estetik
Klinik Gigi Global Estetik



Perawatan gigi tidak harus ditunggu hingga gigi mengalami kerusakan, atau bahkan hingga mengganggu kenikmatan saat makan. Mulailah menjaga kesehatan gigi dan mulut OGI'ers dengan rutin melakukan perawatan gigi. Selain itu, hindari makanan yang dapat merusak kesehatan gigi. Karna tidak hanya bisa mengganggu gigi kamu, tapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh.


Senin, 28 November 2016

Brownies, si Kue Bantat Serba Coklat yang Bikin Ketagihan


Banyak sekali versi yang muncul, tentang sejarah ditemukan-nya brownies. Ada yang bilang awal-nya ada seorang koki yang lupa memasukkan baking powder ke dalam adonan resep kue coklat. Sehingga setelah dipanggang, hasil-nya  kue coklat tidak mengembang (bantat). Tekstur kue coklat yang seharus-nya tebal, lembut, dan berpori-pori, menjadi agak padat dan basah. Cerita lain yang beredar tentang asal muasal kue coklat nan lezat ini. Ada seorang pemuda pembuat kue yang sedang mengalami krisis keuangan. Dia mempunyai seorang teman yang setiap pagi akan menjualkan kue-kue buatan-nya. Pada hari itu, pemuda berencana membuat kue coklat, dan dibelinyalah bahan-bahan untuk kue coklat. Semalaman ia berkutat untuk membuat kue coklat nan lezat seperti tertera dalam resep kue coklat itu. Dan baru selesai jam 4 pagi. Tapi pemuda tersebut sangat kecewa dengan hasil akhir kue coklat-nya yang berbeda hasil-nya dengan yang disebutkan di dalam resep. Uang-nya pun sudah habis untuk modal membuat kue lain-nya. Teman si pemuda datang pagi-pagi seperti biasa-nya, dan dia mengira kue coklat bantat yang telah jadi, adalah kue untuk dijual-nya pada hari itu. Tanpa sepengetahuan pemuda, teman-nya tetap pergi menjual kue-kue tadi. Para pelanggan sangat surprise dengan kue coklat hari itu, mereka mengira kue tersebut adalah resep baru. Banyak yang memesan untuk keesokan hari-nya. Dan masih banyak versi cerita lain-nya. 

Nama ”brownies” diambil dari “the deep brown color of cookie”. Brownies punya ciri khas warna cokelat tua kehitaman. Diperkirakan brownies pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1893. Saat itu digelar sebuah acara berupa pameran yang bertajuk Columbian Exposition yang diselenggarakan salah satu kota besar di Amerika, Chicago, Illinois. Pada saat itu seorang koki dari Hotel Palmer House membuat suatu inovasi kue setelah sang pemilik hotel Bertha Palmer meminta-nya untuk menghidangkan makanan penutup untuk-nya dan para perempuan yang hadir pada pameran tersebut. Sang koki diminta untuk membuat kue yang lain daripada yang lain dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan. Dan dibuat lah brownies ini. 

Ada 2 jenis brownies yang kita kenal, brownies panggang dan brownies kukus. 

  • Tekstur brownies panggang lebih kering dan padat (terlihat bantat), namun tetap lembut saat dinikmati.
  • Untuk brownies panggang, jangan pernah mengocok campuran telur dan gula terlalu lama (kuat) layaknya brownies kukus, karena hasil brownies panggangnya akan terpisah. Lapisan atas brownies panggang akan menjadi kering dan tipis.   
  • Brownies panggang dapat tahan di suhu udara normal selama tiga hari.
  • Bila ingin menyimpan brownies panggang dalam jangka waktu yang lama (± 4 bulan), kemas brownies panggang dalam wadah kedap udara, lalu simpan dalam freezer. Jangan simpan brownies panggang dalam kulkas, karena akan kering. 

  • Brownies kukus, teksturnya sedikit berpori, lembab, dan lebih lembut bila dinikmati. 
  • Brownies kukus dapat tahan di suhu normal selama dua hari saja. Simpan brownies dalam box saat sudah benar-benar dingin. 
  • Brownies kukus bisa tahan seminggu saat disimpan dalam kulkas.


Fakta-fakta Unik Tentang Anjing


Anjing, hewan berkaki empat ini sering disebut sebagai sahabat manusia, karna kesetiaan-nya. Mungkin OGI'ers pernah mendengar kisah tentang Hachiko di Jepang. Anjing tersebut setia menanti tuan-nya yang sudah meninggal di Stasiun Shibuya, Tokyo. Hachiko terus dikenang sebagai lambang kesetiaan anjing terhadap majikan. Bahkan OGI'ers bisa melihat patung-nya di depan Stasiun Shibuya, sampai sekarang. Kita harus selalu menyayangi semua hewan peliharaan terutama menjaga kebersihan-nya, OGI'ers bisa menggunakan produk dari D&C. Dibuat dari bahan-bahan yang sangat aman untuk hewan kesayangan kita. 


Nah untuk kamu yang masih mengenal tentang hewan berkaki empat ini, ada beberapa hal menarik yang bisa kamu ketahui :

Anjing Tidak Buta Warna
OGI'ers pasti pernah mendengar mitos bahwa sebenarnya anjing itu buta warna, hanya dapat melihat hitam dan putih. Akan tetapi sebenarnya anjing tidak buta warna, mereka dapat membedakan warna. Walaupun tidak seperti manusia yang dapat melihat jutaan warna, anjing pada kenyataannya tidak selalu melihat segalanya dalam hitam putih. Memang, Anjing tidak dapat membedakan warna antara warna hijau dan merah, namun anjing dapat melihat warna dalam bentuk bayangan kuning atau biru.

Anjing Dapat Memakan Sayuran dan Buah-Buahan
Anjing sering disebut sebagai hewan karnivora, tapi tahu kah OGI'ers, sebenar-nya anjing menyukai sayuran dan buah-buahan mentah. Sayuran dan buah-buahan ini bertindak sebagai snack makanan yang membuat tubuh, kulit, dan bulu mereka menjadi lebih sehat. Ditambah lagi tekstur dari sayur membuat gigi mereka menjadi putih dibandingkan jika hanya mengkonsumsi daging. Namun perlu diketahui untuk menghindari sayuran berupa jenis bawang atau kismis dari anjing OGI'ers. Hal itu dapat mengakibatkan racun bagi hewan.

Jangan Pernah Memberikan Coklat
Coklat memiliki kandungan kimia yaitu Theobromine dan merupakan racun yang dapat berakibat fatal bagi anjing apabila dikonsumsi antara 100-150 mg dari berat keseluruhan perkilogram Anjing. Andai kata anjing OGI'ers berat-nya adalah 10 kg, maka 1-1,5 gram kandungan Theobromine pada coklat dapat menjadi racun fatal bagi anjing kesayangan kamu.

Anjing yang Pendiam Berumur Lebih Panjang Dari Anjing Agresif
Telah dilakukan penelitian pada Juni tahun 2010 lalu oleh The American Naturalist terhadap 56 jenis anjing. Penelitian tersebut berusaha mencari tahu berbagai faktor yang menentukan energi, kepribadian, pertumbuhan dan jangka hidup anjing. Ternyata anjing dengan sifat agresif atau galak memiliki pertumbuhan yang cepat dan meninggal muda. Hal sebalik-nya juga terjadi yakni anjing yang jinak atau tidak terlalu agresif akan memiliki jangka hidup yang lebih panjang.

Anjing dapat Mencium Penyakit
Anjing memiliki penicuman yang sangat tajam dan hal itu sudah diketahui secara umum, namun ternyata anjing juga dapat mencium penyakit. Jika anda memiliki kanker, diabetes atau epilepsi, mungkin hewan pertama yang mengetahui hal tersebut adalah anjing. Dalam studi penelitian ternyata anjing dapat dilatih untuk mengendus penyakit kanker yaitu pada paru-paru, payudara, kulit dan prostat. Para peneliti menduga bahwa anjing dapat mencium bau berbeda yang dikeluarkan dari orang dengan sel yang abnormal atau sedang sakit.

Anjing sangat Sensitif Terhadap Petir
Tahukah OGI'ers bahwa guntur atau petir yang terjadi ketika hujan dapat mengakibatkan frekuensi atau getaran yang membuat telinga anjing sampai sakit ? Oleh karena itu jika terjadi guntur atau petir, terkadang anjing terkejut dan menggonggong itu karena mereka sangat sensitif terhadap petir hingga batas telinga mereka sakit karena hal tersebut.

Anjing Suka Makan Es Krim
Tidak hanya bagi manusia, ternyata es krim juga dapat menjadi snack bagi para anjing. Es krim tersebut dapat bertindak sebagai pengganti air ketika mereka dehidrasi. Es krim memiliki nutrisi dan vitamin cair yang dapat membuat bulu mereka lebih sehat. Namun seperti yang dikatakan sebelum-nya, hati-hatilah jika es krim itu adalah es krim coklat karena malah akan menjadi racun bagi seekor anjing.

Anjing Memakan Kotoran dan Rumput
Jangan kaget, karena hal ini sudah sering terjadi pada beberapa anjing jika mereka kekurangan mineral dan nutrisi. Bahkan mereka dapat memakan kotoran mereka sendiri untuk mengambil mineral dan nutrisi dalam kotoran tersebut. Sedangkan untuk rumput, anjing memakan-nya agar membantu pengolahan pencernaan mereka atau ketika mereka merasa tidak nyaman dan ingin memuntahkan sesuatu yang menggangu tubuh mereka.

Anjing Dapat Cemburu 
Sama hal-nya seperti manusia, ternyata anjing juga dapat cemburu. Mungkin ini terdengar aneh bahwa anjing memiliki perasaan cemburu layak-nya manusia, namun dalam sebuah studi menunjukkan ternyata anjing dapat mengekspresikan kecemburuan mereka. Itu terlihat dari kemiripan hormon oxytocin yang juga ada di manusia dimana hal itu dapat terlihat saat seekor anjing dan juga manusia mengekspresikan cinta dan kecemburuan mereka.

Anjing Dapat Dilatih Memahami Kata-Kata Manusia
Ternyata anjing pada umum-nya dapat mengerti dan mengingat hingga 150 kata. Akan tetapi bagi ras anjing yang lebih pintar, mereka dapat mengingat dan mengerti hingga 250 kata yang telah diajarkan oleh manusia. Contoh-nya ketika Anda melatih anjing OGI'ers untuk duduk, berbaring, berputar, mengejar, mengikuti, atau hingga pura-pura mati.

Dan buat OGI'ers yang ingin bersantai ditemani dengan hewan berkaki empat ini, kamu bisa datang ke Paws & Tails Dog Café. Disini kamu bisa berinteraksi dengan para anjing jinak yang lucu dan menggemaskan. Ada banyak jenis ras yang bisa OGI'ers jumpai di sini seperti corgi, shih tzu, husky, pomerian, toy poodle, malamute dan lain-lain. Dan jika OGI'ers mau membawa anjing kesayang juga boleh banget loh.

Paws & Tails Dog Café
Paws & Tails Dog Café
Paws & Tails Dog Café


Seafood, Makanan Laut yang Berbahaya Sekaligus Menyehatkan


Seafood, merupakan bahan makanan yang berasal dari laut. Banyak sekali jenis-nya mulai dari udang, kepiting, ikan, cumi-cumi, kerang, dan masih banyak lagi. Makanan ini banyak mengandung kolesterol, sehingga tidak semua orang dapat menikmati-nya. Banyak sekali orang yang berpikir dua kali untuk menikmati-nya.

Namun kenyataan-nya, seafood banyak sekali memiliki manfaat tidak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Menurut penelitian bahwa seafood mengandung nutrisi yang penting seperti omega 3, vitamin E, vitamin A, vitamin B6, asam lemak, mineral dan protein. 

Ada beberapa manfaat seafood diantara-nya :

  • Dapat mengurangi tingkat depresi
  • Baik untuk penglihatan mata
  • Mencegah Asma
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Baik untuk penderita anemia
  • Kaya akan kalsium sehingga baik untuk tulang
  • Anti jerawat
  • Baik untuk kesehatan rambut dan membuat-nya bersinar
  • Melindungi dari sinar ultra violet
  • Mengurangi resiko penurunan daya ingat
  • Baik untuk perkembangan otak
  • Menyuburkan pria
  • Dan masih banyak lagi
Untuk kamu yang mau mencoba berbagai olahan seafood lezat dan enak, bisa datang ke beberapa tempat berikut ini.





Minggu, 27 November 2016

Akupuntur dan Manfaat-nya

Akupuntur merupakan salah satu dari cabang utama kedokteran tradisional Cina dan sudah ada sejak lebih dari 3.500 tahun yang lalu. Legenda mengatakan bahwa akupuntur dikembangkan saat dokter perintis di Cina meneliti efek tak terduga dari luka tusukan di tubuh seorang prajurit Cina. Kitab tertua akupuntur yang diketahui adalah Sistematika Klasik Akupunktur yang diperkirakan terbit pada tahun 282.

Kepercayaan dari cara kerja akupuntur adalah terdapat energi dalam tubuh kita, yang disebut Qi. Energi ini beredar dalam tubuh kita dari atas sampai bawah dan mengalir lewat jalur yang disebut garis meridian. Meridian ini menghubungkan tiap organ tubuh dan ketika tubuh sehat, energi bakal bebas mengalir. Namun, ketika aliran energi ini terganggu oleh cedera atau penyakit, ia akan menghasilkan rasa sakit. Oleh sebab itu, akupuntur bekerja untuk menghilangkan gangguan pada aliran Qi dan mengawali proses pemulihannya.

Akupuntur merupakan metode pengobatan yang menenangkan sehingga dapat membantu pasien menghindari efek samping menyakitkan dari kemoterapi. Bahkan, akupuntur telah digunakan untuk membantu seorang pecandu rokok keluar dari kebiasaan-nya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengakui penggunaan akupuntur pada penanganan sejumlah masalah kesehatan seperti :
  • Masalah pencernaan : gastritis, maag, tukak lambung, spasme usus besar, konstipasi (sembelit), diare
  • Masalah pernafasan : sinusitis, radang tenggorokan, bronkhitis, asma, infeksi dada kambuhan
  • Masalah syaraf dan otot : sakit kepala, pusing, kedutan, nyeri leher, nyeri pada iga, bahu kaku, nyeri pada siku, berbagai macam peradangan otot, nyeri tulang belakang / pinggang bawah, skiatika, osteoarthritis
  • Masalah urinasi : menstruasi dan reproduksi.
Selain untuk kesehatan, ternyata akupuntur bisa digunakan untuk merawat kecantikan, seperti mengencangkan pipi, dahi, mengurangi keriput dan kerutan di dahi, menghilangkan jerawat dan flek hitam, memudarkan kantung mata dan membantu proses regenerasi kulit. Kamu bisa melakukan semua perawatan tersebut di Aurora Beauty & Skin Care.



Mengenal Lebih Dekat Si Martabak


Martabak, siapa sih yang ngga kenal makanan yang satu ini. Semua orang pasti pernah mencicipi kelezatan-nya. Di Indonesia, ada 2 jenis martabak yang dikenal, yaitu martabak manis dan martabak asin (telor). Kedua jenis martabak ini sangat berbeda sekali, mulai dari rasa, bentuk, bahan baku, sampai proses pembuatan-nya. 

Martabak manis atau yang asli-nya bernama Hok Lo Pan awal-nya adalah makanan Khas Bangka Belitung.  Hok Lo Pan atau martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka.  Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (martabak). Arti Hurfiah Hok Lo Pan (martabak) adalah Kue Orang Hok Lo.

Hok Lo Pan (martabak) adalah kue yang sangat sederhana. Kira-kira membuat-nya hanya butuh 12 menit saja. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Kini, isian Hok Lo Pan (martabak) beragam, ada pisang, keju, strawberry, blueberry, dan lain-lain. Asli-nya hanya wijen saja. 

Mungkin banyak yang belum mengetahui asal usul martabak asin (telor). Pada tahun 1930 ada seorang pemuda India bernama Abdullah bin Hasan Almalibary yang berkenalan dengan pemuda asal Lebaksiu, Tegal, bernama Ahmad bin Kyai Abdul Karim. Kedua-nya bertemu di Semarang, dan sejak itu mereka berdua menjadi sahabat. Singkat cerita, Abdullah memperkenalkan makanan India yang terbuat dari adonan terigu bernama Moortaba tersebut kepada keluarga Ahmad di Tegal. Karena banyak yang menyukai-nya, akhir-nya mereka berdua memberi sedikit variasi dan mengubah makanan tersebut. Kemudian terciptalah nama Martabak yang sangat berbeda dengan asli-nya dari India.

Martabak ini awal-nya populer di Lebaksiu, lalu akhir-nya banyak masyarakat sana yang merantau ke beberapa kota di Jawa untuk berdagang Martabak terutama pada saat ada kegiatan pasar malam. Akhir-nya makanan modifikasi dari India tersebut menyebar luas di tanah air.

Nah, buat kamu yang berada di daerah Jakarta dan Tangerang, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan Martabak Mini Cip n Del dan The Martabux. Dijamin akan ketagihan. 






Kamis, 24 November 2016

Asal Muasal Siomay Bandung


Siomay, hmm mendengar kata yang satu ini, kita pasti langsung membayangkan makanan berbentuk bulat kenyal berisi ikan gurih, yang disiram bumbu kacang ditambah kecap dan saus sambal. Tapi tau kah kamu ? Kalau siomay itu berasal dari Tiongkok. Makanan ini dibawa oleh pedagang-pedagang dari Tiongkok dan awal-nya disajikan sebagai makanan rumahan. Pada mula-nya siomay ini dibuat dari daging babi yang dicincang dan kemudian dibungkus dengan kulit pangsit, disajikan bersama-sama penganan lain untuk makan pagi (dimsum) atau sambil minum teh (Yam Cha). Seiring berkembang-nya jaman, isian siomay makin bervariasi, mulai dari ikan tenggiri, ayam, udang, daging kepiting, atau daging sapi. 

Nah, versi Indonesia, siomay sering disebut dengan sebutan siomay Bandung. Mengapa demikian ? Padahal sebenar-nya perkembangan-nya bukan dari Bandung. Konon, pada tahun 1980-an di Semarang digelar perayaan Cap Go Meh, saat itu ada perlombaan membuat siomay, dan yang menang adalah seorang ibu keturunan Cina dari Bandung. Sejak itulah siomay Indonesia kemudian terkenal sebagai siomay Bandung.

Untuk kamu yang tidak tinggal di Bandung, melainkan di Jakarta, Depok, dan Bekasi, bisa mencicipi kelezatan D'Siomay. Siomay-nya merupakan siomay kukus yang disajikan dengan kentang, pare, dan sebagai-nya, lengkap dengan sambal kacang. Siomay-siomay ini dibuat dari ikan tenggiri dan bahan-bahan baku lain-nya dengan kualitas terpilih yang diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan sajian yang bercitarasa khas dan aman untuk dikonsumsi oleh anak kecil maupun orang dewasa. Yuk cicipi siomay lezat dai D'Siomay.


Rabu, 23 November 2016

Keindahan Tersembunyi Taman Batu (Stone Garden) & Goa Pawon

Kota Kembang Bandung memang selalu mempunyai magnet tersendiri yang membuat setiap orang selalu kembali kesana. Dulu Bandung terkenal akan banyak-nya factory outlet, sehingga sering disebut sebagai surga-nya belanja, kini Kota Kembang lebih dikenal akan tempat wisata alam-nya.

Salah satu tempat wisata alam yang berada di Bandung daerah Barat adalah Goa Pawon dan Stone Garden. Kedua tempat ini berada dalam satu area perbukitan. Bahkan Goa Pawon dan Stone Garden dapat dianggap berada pada bukit yang sama. Goa Pawon berada di bagian bawah bukit, sedangkan Stone Garden berada di puncak bukit.

Goa pawon merupakan sebuah situs purbakala karena ditemukan-nya kerangka manusia. Selain fosil manusia purba, ada juga alat-alat budaya yang terbuat dari obsidian, kalsidon, kwarsit, rijang dan andesit.  Kenapa disebut dengan Goa Pawon ? Karna memang letak-nya berada diperbukitan yang bernama Pawon.

Taman batu (Stone Garden) berisi banyak batu-batu dan diantara-nya seperti batu yang terstruktur. Dari sini kamu bisa melihat keindahan alam sekitar yang masih sangat alami. Untuk yang hobi selfie atau fotografi, Stone Garden tempat yang sangat pas sekali untuk dikunjungi. Jangan lewatkan kedua tempat wisata ini jika kalian mengunjungi Kota Bandung. 

Kacang Kedelai dan Keunikannya


Kedelai, keluarga kacang-kacangan ini banyak sekali manfaat-nya untuk kesehatan. Dikenal sebagai pengganti susu untuk anak ataupun orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi, karna protein kedelai hampir mendekati protein hewani, walaupun tidak sama persis. Dan sering dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani program diet. Bahkan dibeberapa negara seperti Cina dan Jepang, kedelai merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi penduduk-nya. Karna itu, tingkat kesehatan negara tersebut memang jauh lebih tinggi.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kacang kedelai bisa diolah menjadi berbagai macam makanan olahan. Diantara-nya :







Dan ada beberapa fakta unik yang mungkin OGI'ers belum mengetahui-nya.
  1. Dibandingkan dengan susu nonfat, kandungan protein kedelai dua kali lebih banyak.
  2. Dibandingkan dengan secangkir brokoli segar, setengah cangkir kedelai memiliki kalsium lebih banyak, penjelasannya kurang lebih, brokoli 62 Mg sedangkan kedelai 88 mg.
  3. Tahukah kamu kedelai utuh memiliki serat, zat besi dan pottasium lebih banyak dibandingkan ayam.
  4. Serat, priteun dan vitamin K dalam kedelai utuh lebih banyak dibandingkan oatmeal atau sejenis sereal.
  5. Dibandingkan dengan roti gandum, jumlah serat-nya sama banyak dan unik-nya kedelai utuh konon memiliki lebih banyak zat besi, antioksidan, dan potasium.
  6. Kandungan potasium-nya sama seperti pisang, hanya saja memiliki kelebihan dengan dilengkapi dengan protein, serat dan zat besi.
  7. Serat, kalsium, zat besi dan magnesium yang terkandung dalam ikan salmon masih lebih rendah dibandingkan dengan kedelai utuh.