Rabu, 28 Desember 2016

Mengenal Si Udang Ronggeng

Ada banyak sekali jenis udang, tapi mungkin OGI'ers masih jarang mendengar ataupun melihat udang yang satu ini. Dikenal dengan nama udang ronggeng atau udang lipan. Secara fisik, spesies ini memiliki tampilan fisik yang unik. Sekilas ia tampak menyerupai lipan, dan tak mirip dengan udang kecuali karena memiliki capit seperti udang lainnya. Maka tak heran banyak yang menyebut udang ronggeng ini dengan nama udang lipan.

Hewan yang bernama latin Lysiosquilla maculata ini memiliki berbagai keunikan, salah satunya adalah matanya yang dapat berputar 360 derajat. Ia memiliki duri-duri yang keras, terutama di bagian atas kepala dan antena. Badannya besar dilindungi kulit keras yang mengandung zat kapur dan mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai belalang sembah (mantis). Antena berkembang dengan baik terutama antena kedua yang panjangnya melebihi panjang badannya. Pada pasangan kaki jalannya tidak mempunyai capit.

Keindahan kulitnya juga sangat menarik mata. Dua warna cerah seperti merah dan hijau menjadi dua warna yang menjadi ciri khas udang ronggeng. Bentuk indah dan sedikit menyeramkan tidak mengubah cita rasa dari udang ronggeng ini.

Ia memiliki duri-duri yang keras, terutama di bagian atas kepala dan antena. Badannya besar dilindungi kulit keras yang mengandung zat kapur dan mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai belalang sembah (mantis). Antena berkembang dengan baik terutama antena kedua yang panjangnya melebihi panjang badannya. Pada pasangan kaki jalannya tidak mempunyai capit.

Udang ini tergolong komoditas penting yang memiliki harga relatif mahal. Udang ronggeng juga berpotensi sebagai pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat dengan cara diolah menjadi berbagai bahan masakan lezat dan gurih. Jenis udang ini telah dicap sebagai makanan laut yang mengandungi kaya dengan khasiat omega 3, vitamin B12 dan juga niacin, selain bahan galian seperti zink, zat besi dan juga tembaga. Selain itu, udang ini memiliki kadar asam amino yang tinggi, termasuk asam gulamat, asam aspartat, arginine, lysine, leucine, glycine dan lainnya.
Udang ini jika dijadikan masakan, sangat lezat dan pastinya bikin ketagihan. Kamu dapat menikmati hidangan udang ronggeng di Sichuan Palace Restaurant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar