Senin, 26 Desember 2016

Nikmatnya Kopi Vietnam "Si Kopi Kesabaran"

Munculnya kopi Vietnam tidak bisa lepas dari peran seorang pastur ala Prancis yang membawa bibit pohon dari kopi Arabika pada tahun 1857. Tidak lama setelah kedatangan pastur tersebut, Vietnam mulai menanam pohon kopi di daerah dataran tinggi, yaitu di Buon Ma Tuot yang sampai sekarang dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik di Vietnam. Begitu pula dengan kehadiran kopi Vietnam yang menggunakan susu kental manis. Itu juga ada sejarahnya. Pada masa itu, Vietnam mengalami kesulitan menemukan susu segar sebagai campuran kopi. Akhirnya, mereka menggunakan susu kental manis. Dan budaya itu masih berjalan hingga sekarang.

Penyajian kopi Vietnam memang lain daripada yang lain. Menggunakan semacam cawan aluminium yang memiliki sejumlah lubang kecil di bawahnya. Di bawahnya ada semacam cawan lagi untuk menampung tetesan-tetesan kopi dari cawan pertama. Kopi akan turun setetes demi setetes hingga nggak tercipta buih seperti kopi tarik. Setelah tetesan kopi semuanya jatuh ke bawah, barulah kamu bisa menikmati sedapnya kopi ini. Makanya banyak yang menyebut kopi ini sebagai “kopi kesabaran”. Bukan hanya proses menikmatinya yang memakan waktu cukup lama, tapi proses pembuatannya juga cukup lama. Rasa pahit yang lebih dominan pada kopi Vietnam ketimbang kopi lainnya karena didapat dari proses memanggang atau roasting biji kopi yang memakan waktu cukup lama, sehingga menjadikannya gosong seperti arang. Sayangnya, tidak  semua orang Indonesia bisa menikmati kopi Vietnam yang strong dan rasanya pahit. Biasanya sih, orang Indonesia lebih suka menikmati kopi ini dengan dicampur susu kental manis supaya bisa menyamarkan rasa pahitnya.
Tidak hanya nikmat untuk diminum dan menghilangkan rasa kantuk, ternyata kopi juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 18% wanita berusia 24 tahun memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Kandungan kafein di dalamnya juga bisa mengurangi sakit kepala ringan.

Kopi bersifat anti bakteri, sehingga bisa menyembuhkan berbagai masalah mulut, seperti gigi berlubang dan infeksi gusi. Kopi juga bisa mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia. Karna, kopi bisa mengurangi depresi. Tidak heran kan jika kamu merasa lebih bahagia setelah meminum kopi. Dan kandungan antioksidan pada kopi ternyata dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf bekerja lebih maksimal. 

Saat ini sudah banyak dijual kopi Vietnam yang instan atau langsung seduh. Salah satunya Kopi Instant 3 in 1 Vietnam Trung Nguyen G7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar