Selasa, 06 Desember 2016

Keindahan Salju

Salju, warnanya putih bersih. Terasa lembut dengan sentuhan tangan. Kehadirannya menandakan telah tiba musim dingin. Dedaunan, jalanan, bangunan, semua tampak putih. Pemandangan yang sungguh mengagumkan. Tentu saja, salju hanya muncul di negara yang mengalami empat musim. Seperti di Indonesia, hujan salju hampir tidak akan turun di negara tropis ini. Oleh karena itulah banyak orang yang penasaran akan hujan salju bepergian ke luar negeri untuk merasakan sensasi hujan salju ini.

Salju berasal dari uap air yang berkumpul di atmosfir. Kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi, dan kemudian menggumpal membentuk awan. Awalnya, gumpalan-gumpalan uap air mengapung di udara karena massanya jauh lebih ringan daripada udara di bawahnya. Dengan kata lain udara di bawahnya menahan gumpalan air agar tetap berada di atas, seperti halnya kayu yang tetap mengapung di atas air. Namun, setelah gumpalan uap air terus bertambah dan massanya semakin berat, udara di bawahnya tidak sanggup lagi menahannya dan gumpalan-gumpalan itupun jatuh. Jika temperatur udara di bawahnya cukup dingin, gumpalan tadi jatuh berupa kristal-kristal es (salju). Pada banyak kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat dia jatuh dari awan tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas.
Misteri tentang serpihan salju masih merupakan teka-teki bagi para ilmuwan. Para ilmuwan masih penasaran dengan bentuk kristal salju yang rata atau ceper, tidak bulat seperti hujan batu es atau titik air. Tiap kristal salju yang telah terbentuk dengan sempurna 6 sisi atau 6 titik. Lama proses pembentukan kristal salju hingga sekarang belum diketahui. Kristal salju memiliki bentuk unik. Tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia. Padahal, sudah tak terhitung kristal salju yang turun ke bumi dan semuanya memiliki bentuk kristal yang berbeda satu sama lain. Subhanallah.
Warna putih pada salju menjadi hal yang menarik untuk diamati. Konsentrasi listrik dalam kristal es lebih tinggi daripada air atau udara. Cahaya yang datang mengenai kristal es akan dibelokkan, beberapa malah dipantulkan. Karena bentuk salju seperti bola-bola kecil, maka cahaya dipantulkan ke segala arah. Hasilnya adalah warna putih.

Dengan adanya salju, banyak sekali permainan yang bisa dilakukan. 


Dan masih banyak sekali permainan lainnya.

Nah, buat yang tingga di negara tropis terutama di Singapore. Kamu bisa bermain berbagai macam pernainan salju di Snow City Singapore.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar