Senin, 27 Februari 2017

Cara Aman Belanja Online

Membeli secara online saat ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu tidak tertipu saat belanja online.

Pastikan Keamanan Situs Web Toko Online
Bagaimana cara mengenali situs toko online yang aman? Perhatikan tanda gambar berupa gembok di baris status browser di bagian kiri atas. Sebelum bertindak lebih lanjut, seperti memasukkan informasi pribadi, pastikan tanda itu ada.

Yang kedua, alamat situs yang berakhiran .co.id merupakan alamat toko online yang cukup profesional dan sangat terpercaya. Hal itu karena pembelian domain .co.id harus menyerahkan berkas-berkas penting seperti KTP, surat ijin perdagangan dan lain-lain. Berbeda dengan domain .com yang pembelian tanpa ada syarat tertentu. Untuk itu membeli suatu barang pada alamat website .com juga perlu diteliti terlebih dahulu.

Analisa Terlebih Dahulu
Jika kamu berbelanja di toko online yang kamu sendiri tidak terlalu familiar, cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu situs web tempat kamu memilih untuk belanja. Periksalah nomor telepon atau call center penjual dan hubungilah untuk memastikan bahwa situs tersebut resmi dan benar-benar ada. Mintalah nomer kontak pribadi sebagai alternatif seperti nomer Whatsapp, pin BB, atau Line yang dapat dihubungi.

Cara lain agar kamu semakin mantap, carilah nama situs tersebut di google dan lihatlah testimoni yang diberikan oleh para konsumen yang lain. Jika testimoninya mengatakan toko tersebut baik dan sangat direkomendasikan, kamu patut untuk mempertimbangkannya. Jika tidak, tinggalkan saja dan carilah toko online lainnya.

Perhatikan Detail Produk
Barang yang bagus tentu memiliki detail informasi yang cukup lengkap. Semakin detail ulasan produk yang diinformasikan maka kemungkinan barang yang dijual memiliki kualitas yang cukup baik. Untuk itu, usahakan untuk tidak memilih atau membeli suatu produk yang tidak memiliki keterangan yang lengkap.

Perhatikan Kebijakan Toko Online Tersebut
Seringkali kamu akan di minta untuk menyebutkan identitas seperti nama, nomor telepon hingga alamat lengkap untuk kepentingan pengiriman barang. Berhati-hatilah. Pertama, jangan sampai ada poin kebijakan yang menyebutkan pengelola situs boleh memberikan data pribadi kamu ke pihak lain.

Kedua, bacalah kebijakan tentang pengembalian barang. Karena, barang yang diperjual-belikan tak dapat ditinjau langsung secara fisik oleh pembeli, kamu harus meminta garansi apabila barang yang dikirim ternyata cacat atau tidak sesuai dengan yang dipesan. Pastikan kamu dapat menukar barang yang cacat itu kembali, dengan barang yang baru maupun garansi uang kembali.

Dengan adanya garansi jika barang cacat dapat dikembalikan. Maka toko online tersebut merupakan toko yang cukup profesional dan patut untuk dipertimbangkan.

Bandingkan Harga Total
Penambahan biaya biasa terjadi saat kamu bertransaksi online. Selain harga pokok barang, kamu juga dikenai biaya pengiriman. Perhatikan juga jika kamu mendapatkan diskon, pastikan harga total adalah harga akhir setelah diskon dan penambahan biaya kirim. Cobalah membandingkannya dengan harga barang serupa di online shop lain, siapa tahu bisa mendapatkan harga yang lebih murah!

Simpanlah Bukti Transaksi
Ada beberapa yang perlu kamu simpan seperti kuitansi, salinan percakapan transaksi, nota, bukti transfer, termasuk deskripsi produk dan harga barang yang dibeli. Mintalah nomor resi pengiriman barang sesaat setelah barang dinyataan telah dikirim.

Semua itu penting untuk kamu simpan, untuk menghindari kesalahpahaman dan dapat menjadi bukti transaksi serta kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Nah buat kamu yang lagi ingin belanja online tapi takut kena tipu, OgahRugi.com merupakan situs yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan transaksi. Disini kamu bisa menemukan berbagai barang ataupun voucher dengan harga sangat hemat. Yuk jangan ragu untuk berbelanja di OgahRugi.com. Belanja Bareng Baru Seru

1 komentar: