Minggu, 19 Februari 2017

Hal Menarik Tentang Kopi

Banyak orang untuk menghilangkan rasa kantuk seringkali meminum kopi. Bahkan untuk beberapa orang, kopi menjadi minuman sehari-hari. Selain untuk menghilangkan rasa kantuk, banyak sekali hal menarik tentang kopi yang mungkin belum kamu ketahui. 

Saat pagi hari, tubuh tidak memerlukan kopi
Tubuh secara alami memproduksi kortisol, hormon yang berkaitan dengan kondisi terjaga, saat manusia bangun pagi. Artinya, jika kamu minum kopi di pagi hari, kafein tidak berpengaruh apa pun pada tubuh. Lalu kapan sebaiknya mengonsumsi kopi untuk mendapat efek kafein? Tunggu hingga matahari sedikit tinggi, saat jumlah kortisol tubuh menurun. 

Bukan kafein, melainkan adenosine
Mayoritas orang mengonsumsi kopi karena menganggap bahwa kandungan kafein di dalamnya dapat menghilangkan rasa kantuk. Padahal, bukan kafeinlah yang menjadi penyebab utamanya. Saat melakukan aktivitas, otak akan menjadi aktif dan melepaskan neuron-neuron yang memproduksi adenosine. Secara otomatis, sistem saraf kamu akan memonitor kadar adenosine tersebut. Jika dirasa meningkat, kinerja otak akan menurun, menyebabkan timbulnya kantuk. Namun, karena kafein dari kopi menempel pada reseptor adenosine, otak tidak dapat mendeteksi kadar adenosine sehingga tetap berfungsi secara maksimal.

Lebah madu juga menyukai kopi
Penelitian menunjukkan bahwa lebah madu tertarik pada kafein. Bahkan kafein berpengaruh positif terhadap memori jangka panjang lebah madu.

Suara bising di kedai kopi meningkatkan kreativitas
Suasana ramai terbukti secara positif meningkatkan kreativitas. Itu alasannya kenapa kamu bisa sangat produktif jika `menumpang` menyelesaikan pekerjaan di kedai kopi. 

Astronot punya gelas spesial untuk minum kopi di luar angkasa
Ilmuwan dari Portland State University membuat gelas khusus bagi para astronot agar mereka tetap bisa menikmati kopi saat di luar angkasa. Tapi gelas kopi nol-gravitasi yang dicetak dengan mesin printer tiga dimensi ini sangat mahal, harganya sekitar 500 dollar per gelas.

Kopi hitam lebih mudah tumpah dibandingkan bir
Pernah coba menyajikan secangkir penuh kopi hitam? Sulit untuk menjaganya agar tak tumpah ke salah satu sisi, bukan? Peneliti membuktikan, bir cenderung tidak mudah tumpah dibanding kopi karena mengandung busa. 

1 komentar: