Selasa, 31 Januari 2017

Berbagai Manfaat Coklat Hitam

Coklat terkenal akan rasa manisnya, hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Rasanya yang manis dan menggoda menjadikan bahan satu ini sangat sering digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman utamanya hidangan-hidangan santai semacam kue, cemilan, minuman dan lain sebagainya. Tak heran, selain rasa buah, coklat menjadi salah satu rasa yang hampir selalu ada di setiap produk kemasan atau kreasi pribadi.

Rasanya yang manis dan khas memang merupakan daya tarik tersendiri  dari coklat, akan tetapi reputasi coklat ini tidak selamanya baik, banyak beberapa orang yang meyakini bahwa coklat merupakan makanan yang bertanggung jawab terhadap munculnya gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes dan peningkatan kadar kolesterol.

Perlu kita ketahui bersama bahwa coklat sebenarnya tidak selamanya memiliki efek yang buruk untuk kesehatan, bahkan sebaliknya coklat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Faktanya coklat gelap yang mengandung senyawa alami banyak menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut berbagai manfaat coklat untuk kesehatan.

Meningkatkan Kadar Kolestrol Baik (HDL) dan Menyehatkan Jantung
Mengkonsumsi coklat hitam, utamaya yang berbentuk serbuk, diyakini dan tebukti dapat meningkatkan HDL dan mengurangi LDL (kolestrol jahat). Ini pada gilirannya akan mencegah gangguan kolestrol maupun penyakit jantung dan keluhan-keluhan terkait karena penyumbatan pembuluh darah tidak terjadi. Tak salah jika kemudian sebuah penelitian melansir bahwa mengonsumsi coklat hitam sebanyak 6.7 g saja dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga sepertiganya. Masih berkaitan dengan aliran darah di dalam tubuh, konsumsi coklat hitam juga dapat mencegah pembekuan darah yang merupakan sebab utama terjadinya stroke.

Apalagi, kandungan mineral dalam coklat hitam begitu berguna dalam menjaga kesehatan jantung. Magnesium, misalnya, mendukung kerja jantung dengan memperlancar aliran darah sedang tembaga memudahkan sel darah menerima oksigen.

Meningkatkan Mikroba yang baik
Ketika kamu mengkonsumsi coklat hitam dapat menghasilkan senyawa antinflamasi. Sehingga dapat mencegah berkembangnya bakteri jahat dalam usus yang dapat menyebabkan peradangan, kembung, diare dan sembelit. 

Meningkatkan Suasana Hati
Coklat hitam merangsang produksi endorfin, merupakan zat kimia di otak yang dapat memperbaiki suasana hati. Coklat hitam juga mengandung serotonin kimia, yang bertindak sebagai antidepresi.


Mencegah Kanker
Salah satu sebab yang memicu penyakit kanker adalah rusaknya DNA. Coklat hitam di sini terbukti dapat mengurangi kerusakan DNA karena kandungan flavanoid yang dimilikinya, sehingga dapat mencegah kanker.

Mengurangi Berat Badan

Coklat merupakan salah satu menu camilan ideal untuk diet karena kandungan serat di dalamnya dan efek mengenyangkan yang ia miliki. Dengan mengkonsumsi coklat, seorang yang tengah menjalani diet dapat merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga, tidak akan tergoda untuk menyantap makanan-makanan lain utamanya yang manis, berlemak dan asin. Tak hanya itu, coklat hitam juga sangat berguna untuk membakar lemak dan kalori sehingga sangat cocok dijadikan andalan saat diet. 

Meningkatkan Fungsi Otak
Hampir sama dengan kopi, coklat juga memiliki kandungan kafein tapi dalam jumlah yang sedikit. Karena kandungan kafeinnya coklat dapat menstimulasi otak tanpa menyebabkan sakit kepala. Kandungan kafein dalam coklat juga jauh lebih sedikit yaitu 27 mg kafein  dalam 2 ons coklat, sedangkan secangkir kopi biasa mengandung 200 mg sehingga coklat masih aman untuk dikonsusmi.

2 komentar:

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus