Kamis, 15 Desember 2016

Pulau Pahawang, Surganya Snorkeling

Pulau Pahawang yang terletak di Lampung memiliki pesonanya tersendiri untuk menarik pawa wisatawan. Ada beberapa pulau dengan spot-spot snorkeling yang indah, serta pantainya yang masih bersih. Di pulau ini kamu bisa menjumpai terumbu-terumbu karang yang terjaga dengan baik serta ikan-ikannya yang berbagai macam, ini bisa terjadi karna warga disini sangat kebersihan lingkungan serta ekosistem alam.

Pulau Pahawang terbagi menjadi 2, yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Pahawang Besar
Terdapat lumayan banyak pemukiman penduduk di Pulau Pahawang Besar.

Sedangkan Pulau Pahawang Kecil tidak ada satupun rumah penduduk, hanya ada satu cottage milik warga asing yang jarang ditempati.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Pahawang ini.

Di perairan pulau Pahawang, terdapat banyak spot snorkeling yang patut untuk dicoba. Berbagai jenis ikan bisa OGI'ers temui di spot-spot snorkeling. Ada juga satu spot snorkeling yang merupakan penangkaran ikan nemo. Kamu dapat bermain-main dengan para nemo yang senang keluar masuk anemon laut.

Terdapat pula transplantasi terumbu karang yang dibuat oleh penduduk setempat. Kamu juga bisa berfoto dengan foreground plang bertuliskan “Taman Laut Pahawang”.

2. Menjelajahi Pasir Timbul
Di antara Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar, terdapat hamparan pasir putih memanjang yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Penduduk lokal menyebutnya sebagai Pasir Timbul. Jika sedang beruntung, kamu  dapat menjejakkan kaki di Pasir Timbul. Sebab, Pasir Timbul hanya ada ketika laut surut, dan akan tenggelam ketika laut pasang. Perpaduan warna putih pasir, biru laut dan hijau perbukitan menjadi komposisi apik dalam foto perjalananmu.

3. Free Diving & Diving
Selain snorkeling, kamu juga dapat menikmati lanskap bawah laut perairan sekitar Pahawang dengan cara free diving dan diving. Kedua kegiatan tersebut bisa dilakukan di pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi. Keunikan masing-masing spot ialah, di Tanjung Putus terdapat bangkai kapal karam yang telah menjadi habitat ikan-ikan laut. Sementara di perairan Pulau Legundi banyak terdapat goa bawah laut.

Jika berlibur ke Pahawang, Anda bisa menjajal berbagai olahraga air, seperti banana boat dan sofa boat. Kamu bisa melakukannya di Pulau Kelagian Besar yang berada tak jauh dari Pulau Pahawang.

Di sekitar Pulau Pahawang terdapat banyak pulau-pulau lain yang tak kalah indah. Seperti Pulau Kelagian Besar, Pulau Tanjung Putus dan Pulau Kelagian Kecil. Kamu bisa bermain-main di tepi pantai, menikmati panorama sekitar dan berfoto ria. 

Suasana Pulau Pahawang masih sangat alami dan tenang. Sehingga bisa kamu jadikan salah satu destinasi wisata saat berkunjung ke Lampung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar